elzarati

Tips Liburan Murah di Singapore

Posted on: Januari 28, 2013

Halo travelers! Kali ini saya mau sharing tentang pengalaman jalan2 saya ke singapore tanpa menggunakan jasa travel. Saya baru saja pulang dr singapore tanggal 25 jan 2013 kemarin. Menurut saya, gampang banget jalan2 + liburan di singapore, karena smua fasilitas umunya sangat mendukung dan aman. Balik lagi ke kita nya, mau pilih yang mahal apa yang murah.

Nah skarang saya mau bagi2 tips buat kalian :

  1. Sebelum berangkat ke singapore, anda harus browsing2 dulu mengenai tempat wisata atau tempat belanja disana. Dan pakai transportasi apa untuk sampai kesana. Jadi pas sampe sana ga buta2 banget tentang daerahnya. Mau nanya orang juga enak :D
  2. Pilih penginapan yang sesuai tujuan anda berlibur ke sini. Kalo tujuannya buat jalan2, belanja, dan mengunjungi tempat2 yang terkenal saya sarankan memilih hostel atau penginapan2 murah karena kita lebih banyak menghabiskan waktu diluar. Tapi kalo tujuannya memang mau menikmati kemewahan hotel dan untuk beristirahat, pilih aja hotel yang sesuai selera anda.
  3. Booking penginapan sebelum sampai disana. Ada 2 web yang saya tau untuk penyedia jasa reservasi hotel Agoda dan Booking.com . Tips : kalo mau cari penginapan murah cari di daerah Little India, Bugis, Chinatown. Buat yang muslim, saya sarankan cari penginapan di sekitar Little India karena di sini banyak terdapat makanan2 halal, khususnya makanan India. Jadi ga perlu susah2 cari makan. Di singapore banyak penginapan2 yang seperti asrama, jadi 1 kamar ada yang 16 tempat tidur tapi kita bisa di gabung sama orang lain. Dan kalo mau booking di web2 yang td saya sebutkan, jangan lupa liat review dari orang2 yang udah pernah nginap di situ dan jangan lupa liat daerahnya.
  4. Beli tourist pass buat jalan2 selama di singapore. Tourist pass ini bisa di bilang kartu kemana saja hehe. Kenapa saya blg gitu? Karena cukup 1x bayar aja, kita bisa muter2 kota singapore sepuasnya pake MRT, Bus, dan LRT. Kita bisa membeli tourist pass di TransitLink Ticket Office yang ada di beberapa stasiun MRT. Berikut daftar ticket office dan jam operasionalnya :ImageBerapa sih biaya Tourist Pass ini? Ada tiga pilihan ada yang untuk 1hari, ada yang untuk 2 hari, dan ada yang untuk 3hari. Harga berfariasi silahkan chek di Singapore Tourist Pass . Oya nanti anda juga diminta membayar deposit untuk kartu sebesar $10 , uang ini akan dikembalikan kalau anda mengembalikan lagi tourist pass nya di ticket office stasiun manapun, gak harus di stasiun tempat anda membeli. Jadi kalo anda ga balikin kartunya, yaa depositnya ga balik deh.
  5. Kalo naik MRT atau pun Bus jangan lupa ngetap kartu nya di saat masuk dan keluar, kalo kita ga nge tap di saat keluar, kita akan dikenakan tarif yang paling mahal di rute tersebut.
  6. Kalo kalian mau muter2 pake MRT, nih saya kasi link map MRT nya.. Biar ada gambaran kalo udah sampe di sana. Tapi di setiap stasiun ada map nya kok, kalo lupa bisa baca lagi di situ. Perhatikan baik2 kemana arah tujuan, dan dimana tempat transitnya. Dari map yang tadi saya kasi kalian bisa memilih rute, nanti dikasi tau tuh transit dimana, ngelewatin brpa stasiun, brpa menit dan bayarnya berapa. Nih contohnya :ImageDi Foto itu keliatan kalo kita dari airport mau ke bugis, kita ngelewatin 10stasiun, transit 1x di tanah merah, bayarnya $2 dan waktu perjalanannya 30menit. Trus di gambar itu  ada timbol “About This Stations” disitu kita bisa liat jam operasional stasiun dan di exit mana tempat tujuan kita, karena exitnya banyak. Kalo salah exit bisa jauh jalannya. Lengkap kan infonya? Dijamin ga nyasar kalo ngikutin petunjuknya.
  7. Dari airport ke kota naik MRT / bus aja karena tarif taxi dari airport ke kota smua pukul rata $22-$25.. Kalo naik bus saya krg tau, tapi kalo naik MRT ya paling ga lebih dr $2,5/orang ke bugis aja cuma $2.
  8. Kalo naik eskalator, berdirilah disebelah kiri kalo kalian mau santai. Tapi kalo mau cepet boleh tuh ambil sebelah kanan. Karena di singapore banyak orang sibuk jalannya cepet2, jadi akan lebih baik kita ga menggangu aktivitas mereka :D
  9. Bawa payung dan topi, karena kalo kita jalan kaki tiba2 ujan ato panas banget ga perlu repot.
  10. Pake sepatu / sendal yang nyaman untuk berjalan kaki yang lama karena kita akan lebih banyak jalan kaki kalo kita ga pake jasa travel.
  11. Survei harga barang di kota anda dengan di singapore, jadi sebelum pergi boleh lah liat2 dlu harga barang2 yang mau anda beli di sana. Kalo harga nya sama aja dengan indonesia ya beli di indonesia aja :D
  12. Selalu bawa botol plastik kosong atau gelas plastik kecil kosong kemana. Buat apasihh?? Buat ke toilet, karena di singapore ga nyediain air buat bilas di dlm toilet, yang ada cuma wastafel aja. Kalo kebanyakan kita orang indonesia kan kl habis buang air kecil/besar harus bilas. Bisa juga sih di ganti tisu basah, tapi menurut saya lebih enak bilas pake air lah heheh.
  13. Tips yang paling penting : Jangan MALES bertanya. Kalo mau cari tempat ato mau tanya makanan halal apa gak ato yang lain lain. Bisa tanya pake bahasa china, inggris atopun melayu. Mana enaknya aja hehe

Nah segitu dulu tips dari saya. Semoga bermanfaat dan bisa mempermudah liburan teman2. Kalo ada teman2 yang mau menambahkan silahkan, karena ini saya tulis berdasarkan pengalaman liburan pribadi saya. Rncana nya bsk saya mau ngepost tentang tempat2 yang saya kunjungi. Ditunggu yaa. Sebagus2nya negeri orang, saya tetep cinta Indonesia . Peace :)

About these ads

3 Tanggapan to "Tips Liburan Murah di Singapore"

wah infromasinya komplit.. mantap dah

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Hello!

Help More, Have More :)

Follow me

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: